Cara Mudah Konfigurasi Project Dengan Construct 2

Kali ini akan dibahas mengenai konfigurasi project menggunakan construct 2. Secara umum terdapat beberapa konfigurasi yang harus dilakukan jika ingin membuat aplikasi permainan menggunakan construct2. Saya hanya akan membahas konfigurasi-konfigurasi yang diperlukan dalam tahap awal pembuatan aplikasi permainan.

Pertama-tama terlebih dahulu buat satu project baru, dengan cara klik File -> New -> New Empty Project dan klik Open.


Sekilas terlihat sederhana, akan tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan untuk konfigurasi dari project di atas, konfigurasi nantinya akan disesuaikan dengan jenis permainan yang dibuat. Misalnya konfigurasi untuk permainan seperti Super Mario (jenis game flatfomer) akan berbeda dengan game seperti Alien Sky (jenis game custom movement).

Ada 2 konfigurasi secara umum, yang sebenearnya kedua konfigurasi ini saling berhubungan, yang pertama yaitu project configuration, dan layout configuration. Project Configuration, digunakan untuk konfigurasi project secara keseluruhan, sedangkan untuk layout configuration digunakan untuk konfigurasi halaman permaian, hal ini memungkinkan kita untuk membuat konfigurasi yang berbeda untuk masing-masing layout.

1. Project Configuration
    Project configuration, digunakan untuk konfigurasi id, nama, versi, deskripsi, author aplikasi yang akan dibuat. Cara untuk membuka project configuration adalah dengan cara klik folder project yang di menu project sebelah kanan atas.

project view construc 2
Projects View
a. Untuk membuka project configuration, klik pada "New Project" maka pada panel sebelah kiri akan terbuka panel properties yang berisi project configuration.

b. Untuk membuka layout configuration, klik pada "Layout 1" maka pada panel sebelah kiri akan terbuka panel properties yang berisi layout configuration.

*Perhatian, untuk merubah nama "New Project" anda dapat mengklik kanan dan klik rename.











project properties construc 2
Project Properties
a. About, pada isian "About" digunakan untuk informasi dasar dari aplikasi yang akan dibuat. Konfigurasi ini akan sangat penting apabila nantinya project yang dibuat sudah jadi dan sudah siap untuk di Export atau dipindahkan ke flatform lain. Karena apabila konfigurasi ini tidak diisi maka aplikasi permainan ini tidak akan dapat di export kemanapun!.

b. Project settings, 
- First Layout : digunakan untuk menentukan layout game yang pertama kali muncul ketika game dimainkan. Kalau di visual basic mirip seperti "startup form".
- Use loader layout : berfungsi untuk menentukan pernggunakan notifikasi loading game, dengan loader bar.
- Windows Size : adalah konfigurasi untuk  menentukan ukuran permainan yang akan dibuat. 854, 480 adalah ukuran standar untuk smartphone pada umumnya. Ukuran ini akan berlaku pada semua layout yang dibuat.

c. Configuration Settings, 
- Preview browser : digunakan untuk menentukan browser yang akan digunakan untuk menampilkan hasil permainan sementara ketika di run. Pilihan paling barus adalah "NW.js", akan tetapi anda terlebih dahulu harus menginstall aplikasi NW.js for construct2.


2. Layout Configuration

layout properties construc 2
a. Layout Properties
- Name : nama layout.
- Event sheet : adalah lembar event yang dipilih untuk masing-masing layout. Biasanya sudah disesuaikan dengn nama layout masing-masing.
- Active layer : konfigurasi yang digunakan untuk memilih layer mana yang akan digunakan untuk memasukkan objek baru.
- Ubounded scrolling : digunakan untuk mengaktifkan scrolling pada layout.
- Layout Size : mengatur ukuran ruang permainan (layout) yang akan digunakan. Seperti game kartu biasanya ukuran widows size dan ukuran layout size itu sama.

- Margins : ruang bebas diluar layout, biasanya digunakan untuk meletakkan objek-objek yang tidak langsung dipakai di dalam permainan, serperti peluru dan lain2.
- Effects, untuk membuka menu efek pilihan yang dapat diterpakan pada layot.
- Project Properties : cara lain untuk membuka project configuration :D.

layout windows construc 2
Layout

Windows Size, dapat dilihat pada layout di atas yaitu kotak yang bergaris. Windows Size adalah ukuran yang ditampilkan pada saat game di mainkan.

Layout Size, adalah lebar keseluruhan warna putih pada layout.

contoh game construct 2
Contoh Layout Size
Coba lihat gambar di atas, yang ditampilkan pada monitor hanyalah seukuran window size saja, akan tetapi "player" dapat digeser hingga ukuran layout size.

Post a Comment for "Cara Mudah Konfigurasi Project Dengan Construct 2"