Mengenal Dasar Sprite di Construct 2 untuk Pemula

Sprite kalau di Indonesia adalah merek sebuah minuman terkenal, saingan coca cola. Tapi gw jarang minum tuh, paling kalo lagi sakit perut. wkwkw


sprite construct 2
Di dalam website aslinya sprite dijelaskan dengan "The Sprite object is an animatable image that appears in the game" artinya Objek sprite adalah sebuah gambar animasi yang ada di dalam permainan. Lengkapnya, objek sprite ini adalah objek aktif yang ada di dalam permainan, seperti anak muda (player), musuh (enemy), dinding (wall), peluru (bullet). Objek sprite adalah salah satu objek yang paling penting di dalam permainan khususnya untuk aplikasi Construct 2. Pada dasarnya hampir semua objek yang ada di dalam permainan itu adalah sprite mungkin kecuali background, tiled background, dan tilemap.

Cara untuk membuat object sprite :

1. Klik kanan pada layout, atau lembar kerja constuct 2 -> insert new object.

insert new object construct 2
insert new object

2. Pilih objek Sprite pada kategori General.
3. Ketikkan nama objek pada, name when inserted, dan klik insert.
4. Tidak langsung terbuat, klik di sembarang layout.

Edit Image Construct 2
Edit Image

5. Setelah diklik di sembarang layout, maka akan muncul kotak dialog edit image, fasilitas ini digunakan untuk membuat gambar object sprite. Gambar dapat dibuat sendiri dengan fasilitas seadanya, atau dapat di buka dari gambar yang sudah jadi.

6. Pilih menu

open
 Load an image from a file, pilih gambar lalu, klik tanda silang atau close jendela edit image anda. Untuk mengedit ulang klik 2x pada objek sprite anda.

Edit Image Construct 2
Edit Image

7. Objek sprite yang masukkan kedalam layout akan otomatis ada di dalam objek browser.
Objects Construct 2
Objects

8. Objek yang ada di dalam objects browser meng-indikasikan bahwa objek sprite tersebut telah disertakan atau dimasukkan kedalam layout. Jadi, apabila objek mobil tersebut dihapus dari dalam layout maka pada objects browser juga akan terhapus, tetapi pada folder project -> object types tidak terhapus dan masih dapat dipakai.

9. sprite mobil tersebut dapat diperbanyak di dalam layout tanpa menambah jumlanya pada object browser, akan tetapi otomatis menjadi array object dengan mengubah Uid dari objek sprite.

sprite construct 2
Sprite di dalam layout

10. UID dari objek yang ada dalam layout, tidak dapat diubah atau dihapus. Sudah dibuat otomatis menurut history atau urutan penduplikatannya. 

11. apabila satu objek diubah, maka objek yang lain akan ikut berubah juga apabila berasal dari satu sumber sprite. Begitu juga dengan konfigurasi lainnya. Tapi pada fungsinya (waktu permainan berjalan) mereka mempunyai fungsi yang sama, akan tetapi dilakukan masing-masing (tidak serempak). Misalkan untuk pergerakan sprite mobil tersebut dibuat random (acak). Maka nilai acak untuk masing-masing objek akan berbeda (tidak serempak).

Post a Comment for "Mengenal Dasar Sprite di Construct 2 untuk Pemula"