Pengenalan Aplikasi Construct 2 Game Maker Untuk Pemula

Logo Contruct 2
Construct 2 adalah aplikasi pembuat game (permainan) berbasis 2D (dimensi). Hampir atau bahkan semua jenis permainan yang bertemakan 2D dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Sejauh ini aplikasi ini sudah sangat terkenal dalam kalangan para game maker, sudah banyak tutorial-tutorial yang membahas aplikasi ini di dalam youtube.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di situs https://www.scirra.com, tetap hanya versi free license. Aplikasi yang didownload gratis hanya dapat membuat game ke dalam bentuk HTML5 saja, tidak dapat di ekspor ke flatform lain seperti android, ios atau yang lainnya.

Versi berbayar dari aplikasi ini dapat membuat game ke hampir seluruh flatform yang ada, baik mobile ataupun dekstop. Linux? ya kelinux juga bisa. Tidak membuat heran hal tersebut, karena aplikasi game atau permaian yang dibuat menggunakan aplikasi construct 2 ini berbasis HTML5 atau berbasis website. Logikanya kalau perangkat yang digunakan mampu membuka atau menjalankan aplikasi HTML5 maka sudah pasti juga mampu untuk menjalankan game yang dibuat dengan aplikasi construct 2.

Yang paling menarik dari construct 2 adalah, kita tidak mesti memiliki skill atau kemampuan pemograman. Karena dalam proses pembuatan game ini hampir 90% hanya menggunakan konfigurasi dengan cara mengklik mouse saja. Wow. Akan tetapi jika Anda memiliki pengetahuan programming pasti akan lebih mudah untuk memahami aplikasi ini. (Jadi pengetahuan programming ada gunanya juga lho).

Gambar di bawah ini adalah tampilan aplikasi construct 2 :

tampilan construct 2

Dilihat sekilas, tampilan aplikasi di atas sangat mirip dengan perpaduan antara visual studio dan office. Hal tersebut dapat dilihat pada tampilan Properties, Projects dan Objects pada bagian samping kiri dan kanan. Kemudian pada tampilan atas sangat mirip dengan menu Microsoft office. Terlebih lagi pada proses konfigurasi game menggunakan metode event, yang sangat kental dengan nuansa Visual Basic. :D
Bagusnya lagi, template atau contoh game sudah disertakan ketika mengisntall aplikasi ini, jadi bisa langsung belajar, dan fasilitas help nya juga sangat lengkap. Jadi memang tidak ada alasan untuk tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Selamat mencoba !!

Post a Comment for "Pengenalan Aplikasi Construct 2 Game Maker Untuk Pemula"