Salam WinKawak, rasanya tidak begitu menarik apabila memainkan sebuah game tanpa ada rintangan atau hambatan untuk mencapai garis finish. Oleh sebab itu terbenak dalam diri winkawak untuk sharing Tutorial Construct 2 dalam beberapa hari terakhir. Dan pada akhirnya terealisasi di postingan kali ini dalam membuat rintangan katrol yang bergoyang kearah kiri dan kanan.
Sebenarnya rintangan ini, winkawak adaptasi dari game cut rope. Kalau anda pernah memainkan game cut rope pasti pernah melihat yang namanya permen di gantung pada seutas tali yang bergoyang. Nah kalau di rintangan ini permen di ganti dengan sebuah box. Tanpa panjang lebar lagi langsung ikuti langkah langkah di bawah :
1. Buka Software Construct 2
2. Lalu siapkan Terrain Game, untuk terrain sendiri sesuai kreatifitas anda dan tidak di wajibkan untuk sama.
3. Selanjutnya siapkan hasil desain object gambar dalam format .PNG, yaitu Object persegi panjang dan BOX atau lingkaran juga bisa. (Untuk tali jumlahnya tidak harus 5, anda bisa memberikan 3 atau sesuaikan dengan area terrainnya).
4. Lalu masukkan object tersebut dalam terrain yang udah di buat. Dan jangan lupa memberi nama missal : Tali1, Tali2 dst.
Klik dua kali ( Double Clik ) > akan muncul jendela > insert new object > > pilih > Sprite > > insert > klik di sembarang tempat - klik icon open > Masukkan Object Tali > klik open.
5. Atur Size Object tali ( 7,64 ) dan paling penting tambahkan Image Points menjadi 3 bagian dengan ketentauan sebagai berikut : Origin posisi di tengah, Image point 1 posisi di ujung bawah, image point 2 posisi diujung atas.
Klik Sprite Tali1 - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) � masukkan sifat Physics.
6. Untuk memerbanyak tali maka tinggal Klik kanan Sprite Tali1 � Pilih Clone Object Type � Ok.
7. Untuk Sprite katrol sendiri langkanya sebagai berikut :
Klik dua kali ( Double Clik ) > akan muncul jendela > insert new object > > pilih > Sprite > > insert > klik di sembarang tempat - klik icon open > cari gambar yang sesuai > klik open.
Atur Size (67,70) lalu masukkan Behavior/Sifat, Klik Sprite Katrol - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) > masukkan sifat Physics > Ok.
Pada menu Physics Atur Immovable menjadi YES.
Sedangkan untuk Boxnya sendiri langkahnya sama tinggal tambahkan 1 Sifat lagi yaitu Solid, namun untuk langkah pada bagian Physics berbeda, Atur menu Physics Immovable menjadi No dan Prevent Rotation menjadi Yes. Kemudian tata object seperti gambar di bawah ini :
Memasuki tahap terpenting yaitu memberi Logika pada bagian Even Sheet. Untuk keseluruhan logikanya seperti tertera di bawah :
Untuk langkahnya, :
Klik Add Event > System > pada group Star&End pilih On Star Of Layout >Done
Klik Add Action > pilih Object Katrol > pilih Create revolute joint > Next > pada parameter This Image point ganti angka 0 menjadi 1 > click to choose > Pilih Object Tali1 > Done.
Klik Add Action > pilih Object Tali1 > pilih Create revolute joint > Next > pada parameter This Image point ganti angka 0 menjadi 1 > click to choose > Pilih Object Tali2 > Done.
Klik Add Action > pilih Object Tali2 > pilih Create revolute joint > Next > pada parameter This Image point ganti angka 0 menjadi 1 > click to choose > Pilih Object Tali3 > Done.
Klik Add Action > pilih Object Tali3 > pilih Create revolute joint > Next > pada parameter This Image point ganti angka 0 menjadi 1 > click to choose > Pilih Object Tali4 > Done.
Klik Add Action > pilih Object Tali4 > pilih Create revolute joint > Next > pada parameter This Image point ganti angka 0 menjadi 1 > click to choose > Pilih Object Box > Done.
Dan sesi membuat rintangan katrol goyang akhirnya selesai. Tambahan yang terakhir, semakin miring derajat posisi tali dan objek box maka akan semakin cepat pula katrol bergoyang.
Anda mau berbagi ilmu dan nanya nanya ? boleh tambahin komentar di bawah.
Post a Comment for "Membuat Rintangan Katrol di Construct 2"