Cara Membuat Musuh Menembak Otomatis di Construct 2


Cara Membuat Musuh Menembak Otomatis di Construct 2



Salam WinKawak, flashback ke masa winkawak pada saat main Nintendo, dimana game Super Mario adalah game yang sangat begitu jadi favorite di masa itu. Ibarat kata hatiku terpana saat memainkan game Super Mario sampai gak kenal waktu. Hahaha�.jadi ngakak ya,tapi kalau diamati secara seksama game Super Mario itu sederhana banget tapi konsisten. Coba di inget inget aja yang pernah mainin pasti rintangannya kalau di bandingin sama game sekarang jauh beda banget.

Yang winkawak inget banget pada saat mainin game itu salah satunya rintangan yaitu saat ngelawan raja, dimana rajanya nembak nembak kearah karakter terus berhenti sejenak nembak dengan kurun waktu yang telah di tentukan. Nah pada postingan kali ini winkawak akan sharing ilmu buat musuh nembak nembak ke arah karakter secara otomatis kaya rajanya di game Super Mario. Udah gak sabaran mau tahu caranya gimana, langsung ikuti langkah di bawah dengan berurutan :


Sediakan terrain game terlebih dahulu, misalkan seperti terrain game di bawah ini :



Apabila anda belum bisa bikin terrain anda bisa download E-Book lengkap yang bisa langsung anda DOWNLOAD.

Lalu masukkan behavior/sifat pada musuh, peluru, dan target otomatis.

a. Sprite Musuh
Klik Sprite Musuh  - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) � Sine Ok.

b. Sprite Peluru
Klik Sprite Peluru  - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) � Bullet Ok.
Klik Sprite Peluru  - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) � Destroy outside layout  � Ok. 

Fungsinya kenapa peluru di letakkan di area luar agar nanti ketika di Play ataupun pada akhirnya saat Eksport si peluru tidak Nampak. Walaupun demikian peluru masih berfungsi sebagai peluru yang keluar dari sisi musuh. Lalu mengapa saya menambahkan sifat Destroy outside layout, fungsinya agar mengurangi kemungkinan crash ataupun lemot pada saat nanti sudah menembakkan banyak peluru, misal tidak di kasih sifat ini maka kemungkinan akan membuat si sytem terus membaca dan menyimpan setiap tembakan karena saat keluar layout si peluru tidak hancur tetapi terus berjalan.


c. Sprite target otomatis
Klik Sprite Yang Nembak - lalu klik menu Behavior (yang terletak di sisi kiri tampilan) � Turret Ok.
Atur object target pada bagian initial visibility menjadi invisible.



Langkah � langkah bagian Even sheet :


Klik Add EventSystem � pada group Star&End pilih On Star Of LayoutDone
Klik Add Action � pilih Object Yang Nembak  � Next � pilih Add Object to TargetNextClick To Choose � pilih Object KarakterDone.
Klik Add EventSystem � pada group General pilih Every tickDone
Klik Add Action � pilih Object Yang Nembak  � Next � pilih Set PositionNext � pada Parameter pada sumbu X isi dengan � musuh.X � dan sumbu Y isi dengan � musuh.Y �Done.
Klik Add Event � pilih Object Yang Nembak � Next � pilih On Shoot � Done.
Klik Add Action � pilih Object Yang Nembak  �  Next� pilih Spawn Another ObjectNextClick To Choose � pilih Object PeluruDone.
Klik Add Event � pilih Object Peluru � Next � pilih On Collision With Another Object � Next - Click To Choose � pilih Object Karakter � Done.
Klik Add Action � pilih Object Peluru  �  Next� pilih DestroyDone.
 Dan hasil akhirnya seperti ini :




Mau nanya atau sharing ilmu ? silahkan tuangkan hal tersebut dalam komentar.

Post a Comment for "Cara Membuat Musuh Menembak Otomatis di Construct 2"